T.A.2025/2026 (Ganjil)

Gambar kursus (IK24-C) Technopreneurship
T.A.2025/2026 (Ganjil)

Mata kuliah Technopreneurship dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan, keterampilan, dan mindset kewirausahaan berbasis teknologi. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari konsep dasar technopreneurship, perbedaan antara entrepreneur dan technopreneur, serta bagaimana teknologi menjadi katalis dalam menciptakan inovasi bisnis. Mata kuliah ini juga mendorong mahasiswa agar mampu berpikir kritis, kreatif, dan adaptif terhadap perubahan zaman, khususnya dalam era digital dan Revolusi Industri 4.0.

Gambar kursus IK23C Pembelajaran Mesin
T.A.2025/2026 (Ganjil)

Mata kuliah ini adalah mata kuliah wajib program studi ilmu komputer. Mata kuliah ini terdiri dari 3 SKS dengan tatap muka sebanyak 2 x 50 menit dan praktikum 100 menit. 

Bahan kajian dalam pembelajaran ini adalah sebagai berikut

  1. Regresi Linear
  2. Naive Bayes Classificatio

  3. Artificial Neural Network

  4. Support Vector Machine

  5. Hierarchical Clustering

  6. K-Means Clustering

  7. Self Organizing Map

  8. Reinforcement Learning

  9. Ensemble Methods

Gambar kursus IK23B Pembelajaran Mesin
T.A.2025/2026 (Ganjil)

Mata kuliah ini adalah mata kuliah wajib program studi ilmu komputer. Mata kuliah ini terdiri dari 3 SKS dengan tatap muka sebanyak 2 x 50 menit dan praktikum 100 menit. 

Bahan kajian dalam pembelajaran ini adalah sebagai berikut

  1. Regresi Linear
  2. Naive Bayes Classificatio

  3. Artificial Neural Network

  4. Support Vector Machine

  5. Hierarchical Clustering

  6. K-Means Clustering

  7. Self Organizing Map

  8. Reinforcement Learning

  9. Ensemble Methods

Gambar kursus (IK23A) Pembelajaran Mesin
T.A.2025/2026 (Ganjil)

Mata kuliah ini adalah mata kuliah wajib program studi ilmu komputer. Mata kuliah ini terdiri dari 3 SKS dengan tatap muka sebanyak 2 x 50 menit dan praktikum 100 menit. 

Bahan kajian dalam pembelajaran ini adalah sebagai berikut

  1. Regresi Linear
  2. Naive Bayes Classificatio

  3. Artificial Neural Network

  4. Support Vector Machine

  5. Hierarchical Clustering

  6. K-Means Clustering

  7. Self Organizing Map

  8. Reinforcement Learning

  9. Ensemble Methods

Gambar kursus (IK24) Sistem Basis Data
T.A.2025/2026 (Ganjil)

Mata kuliah Basis Data membekali mahasiswa dengan pemahaman mendalam tentang konsep dasar basis data, pemodelan data relasional, dan implementasi pada RDBMS. Melalui pembelajaran tentang struktur tabel, entitas, atribut, dan relasi, mahasiswa belajar merancang dan mengelola data dengan menggunakan bahasa SQL, serta memahami pentingnya integritas data dan efisiensi penyimpanan. Dari pembahasan tentang normalisasi hingga pemrosesan lanjutan seperti prosedur, fungsi, dan trigger, mahasiswa menjadi mampu merancang sistem pengelolaan data yang efektif, dan menyadari peranan krusial basis data dalam konteks bisnis modern.

Gambar kursus (IK23-C) Etika Profesi
T.A.2025/2026 (Ganjil)

Mata Kuliah ini mengajarkan pengertian etika profesi dan kode etik, dan mengkaji tentang cara menjadi profesional serta menyikapi mengenai berbagai fenomena sosial dan kejahatan penggunaan teknologi informasi yang ada. Bagaimana cara memiliki etika dan tanggung jawab profesi yang baik  serta meraih hak-hak dalam segala aspek kehidupan khususnya di bidang teknologi informasi.

Gambar kursus (EP23-B) Etika Profesi
T.A.2025/2026 (Ganjil)
Mata Kuliah ini mengajarkan pengertian etika profesi dan kode etik, dan mengkaji tentang cara menjadi profesional serta menyikapi mengenai berbagai fenomena sosial dan kejahatan penggunaan teknologi informasi yang ada. Bagaimana cara memiliki etika dan tanggung jawab profesi yang baik  serta meraih hak-hak dalam segala aspek kehidupan khususnya di bidang teknologi informasi.

Gambar kursus Pemrograman Berorientasi Objek
T.A.2025/2026 (Ganjil)

Pemrograman Berorientasi Objek (Object-Oriented Programming/OOP) adalah paradigma pemrograman yang berfokus pada objek sebagai representasi dari entitas nyata atau konsep tertentu. Setiap objek menggabungkan data (atribut/properti) dan perilaku (method/fungsi) sehingga program lebih mudah dipahami, dikembangkan, dan dipelihara.

MK Pemrograman Berorientasi Objek merupakan MK wajib mahasiswa Prodi Ilmu Komputer semester 3. Kuliah ini terdiri dari 100 menit tatap muka dan 100 menit praktikum di setiap pekannya 

Gambar kursus (IK23-A) Etika Profesi
T.A.2025/2026 (Ganjil)

Mata Kuliah ini mengajarkan pengertian etika profesi dan kode etik, dan mengkaji tentang cara menjadi profesional serta menyikapi mengenai berbagai fenomena sosial dan kejahatan penggunaan teknologi informasi yang ada. Bagaimana cara memiliki etika dan tanggung jawab profesi yang baik  serta meraih hak-hak dalam segala aspek kehidupan khususnya di bidang teknologi informasi.

Gambar kursus (IK24-B) Technopreneurship
T.A.2025/2026 (Ganjil)

Mata kuliah ini membahas mengenai beberapa materi, seperti apa sih itu technopreneur, bagaimana peluang dalam menciptakan bisnis, dan beberapa materi lainnya

Gambar kursus (IK23) Visi Komputer
T.A.2025/2026 (Ganjil)

Mata kuliah ini memperkenalkan konsep dan teknik dasar visi komputer, yang memungkinkan komputer untuk "melihat" dan menginterpretasikan data visual seperti gambar, video, dan kamera langsung. Mahasiswa akan mempelajari metode ekstraksi informasi semantik dari data visual untuk digunakan dalam aplikasi seperti pengenalan wajah, deteksi objek, dan analisis gerakan. Kuliah ini mencakup algoritma dan teknik pemrosesan citra sebagai dasar visi komputer, dengan fokus pada penerapannya dalam berbagai bidang. Mata kuliah ini terkait erat dengan pengolahan citra, sehingga mahasiswa diharuskan telah menempuh mata kuliah tersebut sebagai syarat sebelumnya.

Gambar kursus (IK25-C) KALKULUS DASAR I
T.A.2025/2026 (Ganjil)

Mata kuliah Kalkulus Dasar I mencakup pokok bahasan sebagai berikut: Sistem Bilangan Real, Fungsi Satu Peubah, Limit dan Kekontinuan, Turunan dan aplikasinya, serta Integral dan aplikasinya

Gambar kursus (IK24-C) Aljabar Linear
T.A.2025/2026 (Ganjil)

Mata kuliah ini memberikan pemahaman mendalam mengenai konsep dasar aljabar linear sekaligus penerapannya secara nyata dalam berbagai bidang Ilmu Komputer. Materi mencakup sistem persamaan linear, operasi matriks dan vektor, determinan, ruang vektor, transformasi linear, nilai dan vektor eigen, serta dekomposisi matriks. Dalam ranah Ilmu Komputer, aljabar linear merupakan fondasi bagi banyak algoritma dan metode modern. Representasi data dalam bentuk vektor dan matriks menjadi dasar dalam machine learning dan deep learning, analisis eigen digunakan pada dimensionality reduction seperti Principal Component Analysis (PCA), transformasi matriks diaplikasikan dalam grafika komputer untuk rotasi, translasi, dan skala objek, sedangkan pengolahan citra digital memanfaatkan operasi matriks untuk filtering, kompresi, dan segmentasi gambar. Selain itu, struktur vektor juga digunakan dalam sistem rekomendasi, pencarian informasi, serta kriptografi.

Gambar kursus (IK25-C) Pengantar Sistem Digital
T.A.2025/2026 (Ganjil)

Mata kuliah Pengantar Sistem Digital merupakan mata kuliah wajib semester 1 untuk mahasiswa Program Studi Ilmu Komputer yang memberikan pengetahuan tentang konsep dasar elektronika, perbedaan digital dengan analog dan sistem digital. Dengan mempelajari mata kuliah ini mahasiswa dapat memahami bagaimana suatu sistem digital bekerja dan menganalisa komponen dan perangkat elektronika digital dengan menggunakan pendekatan Pembelajaraan Kooperatif dan Pembelajaran Kolaboratif.